RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN Tanjung Lago
Kelas/Semester
: III/ I
Tema
: 1 Perkembangbiakan
Hewan dan Tumbuhan
Subtema
: 2 Perkembangbiakan
Tumbuhan
Pembelajaran
: 3
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (4x35 Menit)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mehluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan disekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
3.2.1
Mengidentifikasi teks arahan/ petunjuk tentang perkembangbiakan tumbuhan.
|
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
|
4.2.1
Menulis informasi teks arahan/petunjuk tentang perkembangbiakan tumbuhan.
|
Matematika
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola
penjumlahan dan perkalian.
|
3.1.1
Menjelaskan sifat-sifat
operasi hitung penjumlahan bilangan asli dengan teknik satu kali menyimpan.
|
4.2.Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model
matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta
memeriksa kebenaran jawabnya.
|
4.2.1
Memecahkan permasalahan soal cerita dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
|
SBdP
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu
bertanda birama enam.
|
3.2.1
Mengidentifikasi pola irama rata dan
bervariasi lagu bertanda birama enam.
|
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak bertanda
birama enam sesuai dengan isi lagu.
|
4.7.1 Menyanyikan lagu anak-anak bertanda birama enam sesuai
dengan isi lagu.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
membaca teks tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan tunas, peserta didik
dapat mengidentifikasi isi teks perkembangbiakan tumbuhan dengan tunas dengan
tepat.
2.
Setelah
mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dengan tunas, peserta didik
dapat menulis informasi tentang cara berkembang biak tumbuhan dengan tepat.
3.
Dengan
mengamati contoh dan mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat
menyelesaikan soal penjumlahan bilangan asli dengan satu kali teknik menyimpan
dengan benar.
4.
Setelah
mengamati contoh, peserta didik dapat
merumuskan soal cerita tentang
penyelesaian masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan asli
dengan satu kali teknik menyimpan dengan benar.
5.
Setelah
mendengarkan lagu bungaku dan mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dapat
mengidentifikasi irama pada lagu dengan benar.
6.
Setelah
mengidentifikasi irama lagu, peserta didik dapat menyanyikan lagu Bungaku
dengan benar.
D.
Materi
Pembelajaran
Bahasa
Indonesia
-
Teks
Perkembangbiakan Tumbuhan
Matematika
-
Penjumlahan
Bilangan Dua angka dengan Teknik satu kali Menyimpan
SBdP
-
Pola
Irama Bertanda Birama Enam
E.
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik
Model
: Discovery Learnin.
Metode
: Ceramah, Tanya Jawab,
Diskusi, dan Penugasan.
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra Pembelajara:
Motivasi:
Apersepsi:
|
10 Menit
|
Inti
|
1.
Peserta
didik diminta mengamati gambar anak sedang menanam pisang.
2.
Peserta
didik difasilitasi untuk melakukan tanya jawab mengenai gambar.
3.
Peserta
didik membaca teks perkembangbiakan tumbuhan dengan tunas.
4.
Peserta
didik difasilitasi untuk melakukan tanya jawab mengenai isi teks
perkembangbikan tumbuhan dengan tunas.
5.
Peserta
didik diminta berdiskusi menuliskan tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas
secara berkelompok.
6.
Perwakilan
kelompok diminta membacakan hasil diskusi kedepan kelas secara bergantian.
7.
Peserta
didik menyimak soal cerita yang dibacakan guru tentang pak Ali
“ Pak Ali akan membeli satu
keranjang pisang setelah dihitung isinya ada 236 biji buah pisang. Kemudian
pak umar membeli lagi satu keranjang kecil
dengan isi 57 biji buah pisang. Berapakah jumlah pisang milik pak Ali
seluruhnya!
8.
Guru
menjelaskan cara penyelesaian soal cerita diatas.
9.
Peserta
didik bersama-sama mencoba mengerjakan dengan soal cerita yang berbeda.
10. Peserta didik mengamati vidio lagu
bungaku yang ditayangkan guru melalui proyektor.
11. Peserta didik menyimak penjelasan
guru mengenai birama lagu yang ditampilkan oleh guru.
12. Peserta didik menyanyikan lagu
bungaku secara berpasangan.
|
110 Menit
|
Penutup
|
|
20 Menit
|
- Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
Prosedur Tes :
Penilaian Proses
Jenis Tes :
Pengamatan
Aspek yang dinilai : Santun, Percaya Diri dan
Tanggungjawab
2.
Penilaian
Pengetahuan
Prosedur Penilaian : Penilaian hasil
Jenis Tes :
Tertulis
Bentuk Instrumen :
Tes Uraian
3.
Penilaian
Keterampilan
Prosedur Tes :
Penilaian Proses
Jenis Tes :
Unjuk Kerja
- Media
Gambar
: anak menanam pisang, teks cerita
- Sumber
Fajriyah,
Nur. Defi T Riratnawati. 2008. Cerdas
Berhitung Matematika 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sinyanyuri,Sonya,dkk.2015. Buku Guru Tematik Terpadu SD Kelas 3 halaman
60-64. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sinyanyuri,Sonya,dkk.2015.
Buku Peserta didik Tematik Terpadu SD
Kelas 3 halaman 79-86. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
Palembang, Maret 2018
Peserta
PPG SD,
Marsum,
S. Pd
No. Peserta RB201709439
| |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar